Sunday, January 18, 2015

Kayu Macan Ghaib


Kayu Macan Ghaib Di kalangan Masyarakat Dayak Kalimantan dikenal dengan nama Kayu Ririhit  berbentuk seperti kulit kayu pada umumnya tetapi memiliki keunikan jenis kayu ini agak berserat dan agak lentur seperti kulit hewan. Berwarna hitam kecoklatan. Berukuran panjang 6cm, lebar 2,5 cm. Media yang diambil melalui proses alam dan memiliki kekuatan secara alami.  

Menurut cerita yang telah mendarah daging Didaerah Kalimantan Selatan Macan Ghaib sejenis macan gunung sebenarnya adalah golongan bangsa jin yang berwujud macan apabila masuk ke dunia manusia. ( macan panjadian atau macan siluman ). Macan ghaib ini umumnya memangsa manusia-manusia yang bermalam atau kemalaman dihutan, mereka menyamar sebagai manusia, 

Dalam penyamaran sering berbentuk sosok seorang Alim sehingga sasarannya tidak menyangka bahwa orang yang menemui mereka adalah jelmaa. macan siluman ini bila bertamu biasanya duduk didekat teras atau ruangan yang lantainya memiliki celah. diantara celah-celah itulah dia menyelipkan ekornya mengantung ( Menjuntai ) kebawah ( rumah atau gubuk masyarakat Kalimantan Selatan umumnya berbentuk panggung atau bertiang tinggi ) karena tidak dapat dihilangkan ketika melakukan penyamaran.  

Konon pada zaman dahulu makhluk siluman ini pernah bertamu kerumah seorang nenek tua dengan penyamaran sosok manusia yang baik, sesudah dipersilahkan masuk kedalam rumah, dia menaruh ekornya dicela-celah bawah rumah, Dengan tidak sengaja sinenek melihat orang yang bertamu itu berekor dan menaruh ekornya bergantung dibawah lantai rumahnya. 

Si nenek tua mengerti bahwa tamunya bukanlah seorang manusia melainkan makhluk jelmaan maka sinenek turun kebawah rumahnya, Kemudian membakar ekornya karena merasa kepanasan dan ekornya terbakar dia lari terpontang panting dan hilang dari pandangan sinenek tua tersebut, dan pecahan abu bakaran ekornya berhamburan kemana-mana lalu tumbuh menjadi pohon, itulah sebabnya disebut Kayu Macan Ghaib

SEBAGAI SARANA 

Sarana untuk keselamatan muthlak lahir batin baik didarat, dilaut dan udara,  Sarana untuk keselamatan dihutan atau dalam perjalanan, Sarana untuk pengobatan gangguan jin sepeti kesurupan, dll. Sarana memberikan kekuatan jasmani, rohani, Sarana mengatasi perasaan tidak aman, Sarana menambah kewibawaan, sebagai  perlindungan  pada diri, keluarga, rumah, agar terhindar dari segala yang negatif seperti ilmu hitam, sihir, perampok, maling, dan lain sebagainya.( Di Maharkan Rp.300,000,-)