Sunday, January 18, 2015

Mandau Dayak


Sering disebut Mandau Dayak dan mempunyai nama asli Mandau Ambang Birang Bitang Pono Ajun Kajau. Berukuran panjang 38 cm terbuat dari Besi Mantikei, Hulunya dibuat berukir dengan menggunakan bahan Tanduk Kerbau dan rumahnya terbuat dari Kayu Mihing pada sisi tajamnya terletak pada bagian depan sedang sisi tumpulnya dibagian punggung dan memiliki ukiran dalam bentuk Tatahan. 

Suku Dayak sudah dikenal luas dari berbagai bangsa dinusantara maupun dunia,  mereka di anggap memiliki ciri khas tersendiri serta keunikan yang benar-benar tradisional dan jauh dari kesan modern.  dan suku yang masih mempertahankan kebudayaan dan adat istiadat leluhurnya sejak jaman dahulu kala. yang sebagian besar masyarakatnya menghuni wilayah atau didaerah pedalaman. mereka dikenal sebagai kelompok orang-orang yang memiliki pengetahuan dan kepandaian dalam hal pengobatan penyakit dengan media ramuan-ramuan tradisional. 

Mereka memiliki spiritual dukun yang handal. dan mengenal beragam jenis tumbuhan dan binatang  yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, yang didukung dengan keberadaan hasil alam. Kebudayaan Dayak dikenal memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan yang lain. salah satu seni kebudayaan yang terkenal dari suku Dayak adalah dari jenis senjata yang mereka gunakan adalah mandau. merupakan senjata tradisional yang paling terkenal dari masyarakat Dayak, yang merupakan pusaka turun temurun sejak jaman bahari. 

Pusaka Mandau sendiri merupakan senjata sejenis tombak yang terbuat dari batu pegunungan, dan di kombinasikan dengan besi tajam sebagai pucuknya. senjata ini memiliki ukiran yang khas, dan dianggap sebagai senjata pusaka yang memiliki tuah dan keramat oleh sebagian besar dari masyarakat dayak.  selain Mandau digunakan untuk berperang, juga dipakai untuk menemani mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berburu hewan, memotong daging, memotong tumbuh-tumbuhan, dan lain sebagainya.

SEBAGAI SARANA 

Apabila Mandau ini disimpan dan dirawat dengan baik serta di letakkan ditempat yang khusus sebagai tanda suatu penghormatan. karena disebabkan sejak zaman dulu suku Dayak sudah yakin bahwa mandau sesungguhnya memiliki tuah atau kekuatan spiritual yang mampu melindungi si pemiliknya dari serangan fisik atau pun niat jahat dari musuh-musuhnya. Mandau juga diyakini sebagai pusaka yang memiliki khadam atau penjaga dialamnya berupa sosok makhluk seperti seorang perempuan, dan apabila pemilik mandau tersebut bermimpi telah bertemu dengan sosok perempuan tersebut, maka berarti sang pemilik akan mendapatkan rejeki yang berlimpah. dan kebaikan, dll. (  TIDAK DIMAHARKAN KOLEKSI PRIBADI )