Saturday, January 4, 2014

Tandung Kijang Pupul


Disebut Tanduk Kijang Pupul karena tanduk tersebut terlepas dengan sendirinya atau saat sang kijang berganti tanduk, berukuran panjang 11 cm. berwarna kuning kecolklatan, Menurut kepercayaan suku dayak dikalimantan jenis kijang tersebut berasal binatang ghaib yang menjelma seperti binatang kijang pada umumnya. Dan tanduk kijang pupul menurut mereka bahwa tidak sepanjang tanduknya yang memiliki kekuatan adapun yang memiliki kekuatan hanya pada bagian bawah tanduknya atau bekas lepasnya tanduk dikepalanya. 

Benda alam memiliki kekuatan energi alami dari benda tersebut, dan dapat memberikan kekuatan secara fisik maupun psikoligis yang akan memberikan nilai lebih untuk mencapai kestabilan mental sehingga menjadi lebih mudah tercapainya dalam berbagai kondisi, Kekuatan energi didalamnya dapat dirasakan yang berasal kekuatan bendanya, bukan dari makhluk ghaib didalamnya melainkan kekuatan secara alami dari masing-masing bendanya hal ini dapat berpengaruh dan tergantung dari niat pemakainya.
 
Tanduk yang muncul pada binatang kijang berbulu dan berkulit lembut memiliki tanduk keras seperti batu, pertumbuhan tanduk binatang ini mirip dengan pertumbuhan kuku  namun lebih tebal dan lebih keras serta tebal ketika tumbuh tanduk tertutup o;eh lapisan kulit  tipis seperti blidru  dan saat tanduk tumbuh sempurna uratnya terputus sehingga tidak dapat lagi member makan bagi lapisan kulit tersebut.

Tanduk merupakan senjata penting bagi kijang dengan tanduknya mereka menjaga diri dari serangan musush, terkadang melihat tanduknya seorang pemangsa akan meninggalkan kijang seorang diri, dengan tanduk dikepalanya karena itu merekan dapat melinfdungi diri dan kawan-kawannya selain bermanfaat bagi kijang , ternyata ada manfaat lain dan dapat diambil baik untuk pengangan maupun untuk berbagai obat untuk berbagai penyakit. 

SEBAGAI SARANA 

Sebagai menangkal dari berbagai macam bahaya dan bila untuk penawar segala macam bisa dan racun, tanduk pupul hanya direndam dan diminumkan bila memasuki hutan tanduk pupul dibawah maka segala macam racundan bisa tidak berani mendekat, serta diberi keselamatan dari segala gangguan makhluk ghaib yang berada didalam hutan, Tanduk pupul juga berfungsi menghangatkan dan memperkuat tubuh, menambah darah, dan daya fikir memperkuat otot dan tulang serta menghilangkan keletihan, menyembuhkan pusing, gangguan pendengan, mata rabun, nyeri tulang, ejekulasi dini, mengatasi kencing batu dan menghilangkan penyakit tumor serta memperkuat kandungan dan lain sebagainya. ( Di Maharkan Rp.1.000,000,-)