Monday, January 6, 2014

Pusaka Kujang


Kujang adalah sebuah senjata dari daerah jawa barat. Kujang ini berukuran panjang sekitar 19 cm. terbuat dari besi, baja. yang memiliki Ketajaman dikedua belah sisi tersebut mempunyai makna dan  filosofis tersendiri bagi masyarakat sunda khususnya. Yaitu seiring dengan kandungan 2 makna yg merefleksikan adanya 2 sisi ketajaman kritis dalam kehidupan, baik kehidupan individu maupun sosial kemasyarakatan. Media yang diambil melalui proses penarikkan ghaib.   

Melalui senjata kujang kebesaran kerajaan pajajaran di masa lampau dapat ditelusuri. Fungsi kujang sbg alat atau senjata perang berlaku hingga perang kemerdekaan. Didalam riwayat Prabu siliwangi selalu membawa senjata kujang setiap kali berangkat ke medan perang. sejak zaman dahulu kala hingga saat ini pada jaman kerajaan pajajaran, kerajaan terbesar ditanah pasundan. Para petinggi kerajaan hingga prajurit bahkan rakyat jelata, menggunakan kujang sebagai senjata untuk berperang membela diri, mempertahankan diri, dll. 

Kujang adalah benda seni yang meliputi seni tempa, seni ukir, seni pahat, seni bentuk, serta seni simbol dan perlambang, Dalam pembuatannya selalu disertai doa, mantera tertentu, dan upacara serta sesaji khusus. Seorang empu ketika akan mulai membuat keris disertai dengan tapa brata dan lelaku, tidak tidur, tidak makan, tidak menyentuh lawan jenis pada saat-saat tertentu. dengan memohon pengharapan kepada Yang Maha Kuasa, agar keris buatannya tidak akan mencelakakan dirinya maupun orang lain dan memiliki kekuatan khusus bagi pemiliknya. 

SEBAGAI SARANA

Sarana untuk sebagai jimat, sebagai penolak bala, misalnya untuk menghalau musuh atau menghindari bahaya, terhindar dari penyakit, senjata ini juga disimpan sebagai pusaka, yang digunakan untuk melindungi rumah dari bahaya, Sarana melindungi pemiliknya dari segala marabahaya, Sarana melancarkan datangnya rezeki dari segala penujru, Sarana  memilki kewibawaan yang besar, serta pemiliknya mudah meraih kedudukan serta mempertahankan kedudukan tersebut.dan lain sebagainya. ( Di Maharkan Rp.1.000,000,-)